Hits

 

 

 

 

Rolling Stones: Dari Cinta sampai Selingkuh

Newsmusik Edisi 2 / 2000Santi Dian

ROLLING STONES tidak hanya menjual musik yang hingar-bingar dan penuh sensasi tapi juga menjual life style (gaya hidup). Di bawah ini catatan panjang Rolling Stones sebagai band legenda. 
(Jilid 2 - Selesai).

TRAGEDI TRAGIS 

Rolling Stones tanpa tragedi bisa diibaratkan siang hari bersinar tanpa matahari. Inilah rangkaian tragedi yang menjadi monumental bagi perjalanan kelompok rock gaek ini. 

7 Maret  1965: Seorang gadis remaja jatuh dari balkon teater di Palace Theatre, Manchester dan menjatuhi penonton dibawahnya, beberapa giginya rontok. 

26 Maret 1965: Pada malam pembukaan tour Scandinavia di Fyns Forum di Odense, Denmark, Wyman pingsan kena setrum listrik 220 Volt di atas panggung. 

3 Desember 1965: Richard jatuh pingsan kesetrum di atas panggung di Memorial Hall, Sacramento ketika gitarnya 'kontak' dengan mikrofon saat lagu  ‘The Last Time’ dinyanyikan. 

12 Desember 1965: Ian Stewart meninggal karena serangan jantung saat menunggu di ruang tunggu untuk bertemu dokternya. 

3 Juli 1969: Jones ditemukan tewas di kolam renang di Hartfield oleh pacarnya, Anna Wohlin, setelah berenang semalaman (visum dokter memperkirakan, Jones tenggelam karena pengaruh alkohol dan drugs). Seminggu kemudian Jones dimakamkan di Hatherly Road Parish Church, Cheltenham. Namun Jagger tidak hadir dalam pemakaman tersebut. 

26 Oktober 1970: Ibu Meredith Hunter yang tewas dalam show the Stones menggugat Rolling Stones 28,000 Pounds. 

17 Juli 1972: Sebuah bom meledak di bawah van perlengkapan Rolling Stones sebelum konser terlaksana di Montreal Forum, Montreal. Pelakunya diyakini merupakan kaum separatis Perancis. Lebih dari 3000 pemegang tiket palsu membuat kerusuhan dengan jalan membuat  bom asap. 

23 Juli 1972: Jagger, Richards dan Stanley Moore, Marshall Chess dan Robert Frank, ditahan di Green Airport, Warwick, dalam perjalanan menuju konser mereka di Boston Garden. Mayor Kevin White menengahi dan menelpon gubernur Rhode Island untuk melepaskan mereka dengan uang tebusan, karena show akan dimulai pada 12.30 siang hari. Richards dan Moore balas menuntut melawan koran tersebut. 

26 Juni 1973: Richard dan Pallenberg ditahan karena menyimpan cannabis dan sebuah revolver 'Smith & Wesson'. 

27 Juni 1973: Richard dan Pallenberg muncul di pengadilan Marylebone Court dan dibebaskan dengan uang jaminan 1000 Pounds. 

15 Oktober 1973: Richards terbukti bersalah karena menggunakan, mensuplai dan mengedarkan cannabis di Nice Court. Dia menerima satu tahun hukuman tunda dan denda 5000 franc untuk tuntutan serupa termasuk heroin dan dilarang masuk Perancis untuk 2 tahun. 

24 Oktober 1973: Richard muncul di pengadilan Great Marlborough Street Magistrates dan diberikan pembebasan bersyarat dan denda 250 Pounds karena menyimpan cannabis, tablet mandrax, heroin Cina, senjata api dan amunisi di rumahnya. 

29 Januari 1977: Richard ditahan oleh polisi di Hotel Harbour Castle, Toronto, karena menyimpan 22 gr. heroin dan 5 gr. kokain. Tuntutan mengedarkan heroin akan dikenakan padanya selama 18 bulan dengan uang tebusan 25,000 Pounds. 

6 Oktober 1978: Jagger minta maaf  pada pendeta Jesse Jackson untuk lirik-liriknya yang terkesan menghina  dalam lagu ‘Some Girls’ tapi menolak untuk merekam lagu itu kembali.

13 Januari 1980: terjadi kerusuhan penonton dalam show The Stones di Milwaukee. Saat itu para penonton mendadak brutal, karena pertunjukan tidak menampilkan Keith Richard. 

Februari 1981: Jagger mengundurkan diri dari pembuatan film Werner Herzog berjudul Fitzcarraldo di Peru, setelah 5 anggota dari kru film tersebut meninggal dunia. 

PRESTASI SANG LEGENDA 

Meski kondang ke seantero jagat, meski tiras kaset mereka laris hingga jutaan copies. Namun Rollling Stones minim prestasi. Mau tahu penghargaan apa saja yang pernah mereka raih ? Ini dia .... 

25 Juni 1982: Rolling Stones menerima Silver Clef Award untuk ‘Outstanding Achievement To British Music’(prestasi yang menonjol dalam musik British) dari ‘Nordoff - Robbins Music Therapy’ di London. Bill Wyman sendiri menerima penghargaan dari Dame Margot Fonteyn, sebelum Rolling Stones mengadakan pertunjukan di Wembley Stadium pada malam harinya. 

8 Maret 1990: Rolling Stones memenangkan Artist Of The Year, Best Band Of 1989, Best Tour, Worst Album Cover (untuk Steel Wheels), dan Comeback Of The Year lewat acara tahunan majalah Rolling Stones Music Award of 1989. Mereka juga memenangkan Artist of The Year, Best Tour and Best Drummer (untuk Charlie Watts) dalam ajang Critics' Awards

2 Mei 1990: Rolling Stones menerima penghargaan Outstanding Contribution to Britsh Music Award di 36th Annual Ivor Novemberello Awards). 

24-25 Agustus 1997: Mereka mengadakan pertunjukan yang dijadwalkan kembali di Wembley Stadium. Pada akhir tour, Rolling Stones mengadakan tour sebanyak 116 kali di hadapan sekitar 6 juta orang. 

2 Maret 1991 Rolling Stone menerima piala Ivor Novello, ini merupakan sebuah penghargaan atas jasa mereka pada dunia musik Inggris. 

CINTA…SEX… NIKAH…SELINGKUH ! 

Hidup bebas dan mudah berganti pasangan, menjadi gaya hidup mereka. Perempuan-perempuan itu menjadikan mereka hidup sebagai lelaki “sempurna”                                                                       

23 September 1970: Jagger bertemu Bianca Rose Perez dalam sebuah  konser di Paris Olympia. Hubungan ini menghangat dan mereka menikah. Pasangan ini menjadi favorit 'Jet set' International, meskipun banyak orang menginterpretasikan bahwa penerimaan Jagger dalam masyarakat tingkat atas hingga kini merupakan tanda bahwa musik Rock telah mati atau setidaknya diartikan bahwa The Stones telah kehilangan pamornya. 

3 Juli 1980: Keith Richards dan Pallenberg berpisah. Dan memulai hubungan baru dengan Patti  Hansen. 

5 November 1980: Jagger bercerai! 

2 Juni 1989: Bill Wyman (52 tahun), menikah diam-diam dengan Mandy Smith di Bury st Edmunds, Suffolk. Putera Bill (28), bertindak sebagai pendamping pengantin. 

21 November 1990: Mick Jagger dan Jerry Hall  akhirnya menikah di Bali dengan upacara agama Hindu. Belakangan pernikahan mereka dipertanyakan keabsahannya, karena keduanya bukan pemeluk Hindu. 

22 November 1990: Wright Webb Syrett, pengacara Bill Wyman, mengumumkan perceraian Bill dan Mandy, setelah 17 bulan  menikah. Padahal, waktu mereka berselingkuh lebih lama; yakni 2,5 tahun, dan hal itu diungkapkan Mandy Smith dalam News of The World. Dua tahun kemudian, pengadilan baru mengabulkan permohonan cerai tersebut. Namun, ia harus memberikan tunjangan pada Mandy Smith 580,000 Pounds. 

21 April 1993: Bill Wyman menikahi designer fashion Amerika berusia 33 tahun  bernama Suzanne Accosta  di Perancis. 

8 Juli 1969: Faithfull mencoba untuk bunuh diri setelah 'diputusin' Jagger dan terbaring koma selama 8 hari. 

3 September 1970: Jagger tercantum di dalam laporan perceraian antara Marianne Faithfull dan suaminya, John Dunbar. 

30 Oktober 1970: Jagger diperintahkan untuk membayar 200 Pounds setelah dikabulkan cerai dari Faithfull. 

18 Juni 1973: Marsha Hunt menuntut di pengadilan Marylebone Court, London menyatakan bahwa Jagger adalah ayah dari anak perempuannya yang berusia 2 tahun. 

6 Juni 1976: Tara, anak lelaki Richards berusia 10 minggu, meninggal karena pneumonia di Geneva, Swiss. Pada saat Rolling Stones mengadakan pertunjukan di Paris.

20 Agustus 1983: Ron Wood mendapatkan bayi yang diberi nama Tyrone.

18 Desember 1983: Keith Richards mengawini pacar lamanya model  Patti Hansen (27 tahun) di Cabo, San Lucas, Mexico pada ulang tahunnya yang ke 40.

12 Januari 1992: Jagger mendapat anak ketiga, Georgia May Ayeesha dari Jerry Hall.

2 Juli 1992: Jagger memperoleh cucu dari anak perempuannya, Jade. Saat itu Jagger-Hall diisukan berpisah. 

DRUGS

Tiada hari dilewati kelompok ini tanpa obat-obatan.  Seluruh personil tak ada yang tidak terlibat. Kurungan penjara, denda ratusan dolar tak membuat mereka jera...!

12 Februari 1967: Rumah Richard di Sussex digeledah 15 polisi dengan tuntutan  Richard dan Jagger menyimpan drugs.

10 Mei 1967: Jagger dan Richards muncul di pengadilan Chicester Crown Court, Chicester, Sussex, dengan tuduhan menyimpan drugs, Mereka diputuskan tak bersalah dan didenda masing-masing 1,000 Pounds. Jones ditahan di flat-nya di London, dituntut karena menyimpan drugs dan dilepas dengan uang jaminan 250 Pounds.

27 Juni 1967: Jagger disidang di West Sussex, Chicester, karena menyimpan 4 tablet benzedrine mengandung Amphetamine Sulphate dan Methyl amphetamine hydrochloride, yang dibeli di Itali dengan cara illegal. Diputuskan bersalah dengan pertimbangan selama 6 menit, Jagger dikirim ke penjara Brixton Jail, London selama 1 malam kemudian dilepas dengan uang jaminan 7,000 Pounds.

29 Juni 1967: Richard disidang dengan tuduhan rumahnya digunakan untuk kumpul-kumpul menghisap cannabis. Hakim Leslie Block memutuskan untuk memenjarakan Richards di Wormwood Scrubs, London selama 1 tahun dan  denda 500 Pounds, Jagger diputuskan selama 3 bulan penjara dan denda 100 Pounds.  Satu hari kemudian keduanya dilepas lagi.

30 Oktober 196: Jones diputuskan bersalah menyimpan drugs dan mengijinkan flatnya digunakan untuk transaksi drugs di Inner London Sessions. Ia dijatuhi hukuman selama 9 bulan penjara. Sehari kemudian Jones dilepas dari Wormwood Scrubs dengan uang  jaminan 750  Pounds.

12 Desember 1967: Hukuman Jones dibatalkan, dengan denda 1,000 Pounds dan 3 tahun masa percobaan, setelah 3 psikiater menyatakan bahwa mentalnya lemah dan berkeinginan untuk bunuh diri. Dua hari kemudian Jones ditemukan collapse/roboh dan dibawa ke rumah sakit St. George, London, namun ia tidak lama di rumah sakit itu.

28 Mei 1969: Jagger dan Faithfull ditahan di rumahnya, London, dituntut karena menyimpan cannabis dan dilepas dengan uang jaminan 500 Pounds.

19 Mei 1976: Richard tertidur di mobilnya dan terjadi tabrakan di M1 dekat Newport Pagnell, Bucks. Kokain dan marijuana ditemukan dalam kendaraannya.

10 Januari 1977: Richard muncul di pengadilan Aylesbury Crown Court, Aylesbury, Bucks, dituntut karena menyimpan kokain dan LSD. Dia diputuskan bersalah karena punya kokain dan didenda 750 Pounds (Dia juga didenda 25 Pounds lagi karena mengendarai tanpa MOT atau pajak mobil).

29 Januari 1977: Richard ditahan oleh polisi di Hotel Harbour Castle, Toronto, karena menyimpan 22 gr. heroin dan 5 gr. kokain. Tuntutan mengedarkan heroin akan dikenakan padanya selama 18 bulan dengan uang tebusan 25,000 Pounds.

24 Oktober 1978: Richards menyatakan bersalah di pengadilan Toronto karena menyimpan heroin, satu tahun hukuman tunda dijatuhkan oleh hakim Lloyd Graburn dan menyuruhnya meneruskan perawatan kecanduan obatnya dan mengadakan pertunjukan komersil di Institut  National Canada untuk orang  buta.

16 Februari 1992: Jagger ditolak mengunjungi Jepang karena rekaman ditemukan drugs-nya tahun 1969 dan harus tinggal menginap di hotel dekat bandara Narita Tokyo, untuk mengajukan permohonan menentang larangan itu. (dia  dilarang masuk Jepang sejak 1973, dan diperbolehkan masuk pada pada Maret 1988 dan Februari 1990).

RETAK

Hubungan Jagger dan Keith “membara”. Bak kelakuan remaja,  keduanya saling ledek, saling memaki. Siapa yang menang? Siapa yang kalah?

8 Juni 1969: Jones, dengan kondisi fisik dan mental yang lemah keluar dari Rolling Stones.

12 Desember 1974: Setelah bergabung kira-kira 5 tahun dengan Rolling Stones, Taylor keluar, dan bergabung dengan Jack Bruce Band bersama Carla Bley dan Max Middleton.

18 Februari 1980: Dalam interview di Daily Express, Bill Wyman mengatakan  berkeinginan meninggalkan Rolling Stones tepat ulang tahun Rolling Stones  ke 20.

Maret 1992: Bill Wyman, yang pernah meng-umumkan keinginannya untuk keluar dari Rolling Stones (saat ini mencabut keinginannya) mengerjakan proyek solonya dengan co-producer Terry Taylor di Maison  Rouge  Studios.

3 Desember 1992: Saat interview dengan MTV Eropa, Jagger mengatakan Bill telah memutuskan untuk tidak bergabung lagi dengan The Stones karena sudah bosan.

SEMBRONO

Tingkah para personil ini terkenal urakan, semborono dan liar. Lihat saja catatan ini....

6 November 1972: Wyman muncul di pengadilan Chelmsford Magistrates, Chelmsford, Essex, dimana dia didenda 200 Pounds dan kehilangan ijin mengemudinya karena ngebut dengan mercy-nya.                                                                                                                                :

6 Juli 1975: Richard dituntut karena mengendarai dengan sembrono dan membawa senjata berbahaya seperti pisau berburu dia dilepas dengan uang jaminan 162 Pounds.

19 Mei 1976: Richard tertidur di mobilnya dan terjadi tabrakan. Kokain dan marijuana ditemukan dalam kendaraannya.

24 Januari 1977: Richard dan pacarnya, Anita Pallenberg dihentikan di bea cukai ketika tiba di  Kanada, dengan tuduhan tidak punya surat lengkap

16 September1986: Jagger meninju seorang fotografer saat makan malam di restauran di Los Angeles bersama Dave Stewart.

18-24 April 1988: Jagger memenangkan kasus di pengadilan White Plains Court, New York, dituntut oleh musisi reggae, Patrick Alley, Jagger dituduh telah menjiplak lagunya ‘Just Another Night’.

KONTRAK SENSASIONAL

Menjadi bintang musisi dunia,  membuat mereka dibanjiri kontrak dengan nilai fantastis. Apa saja kontrak-kontrak tersebut...

Pada tanggal yang tidak tercatat, Klien, Presiden ABKCO Publishing, sebuah perusahaan periklanan menerima job pembuatan iklan dari perusahaan permen “Snikers”. Mereka diminta untuk mengambil lagu Satisfaction  menjadi jingle iklan produk tersebut.  Bagi The Stones, permintaan semacam ini sudah muncul berkali-kali. Tapi tidak pernah ditanggapi secara serius. Namun entah alasan apa. kali ini  Jagger dan Richard menyanggupi, asal  royalti lagu itu dibayar sebesar $ 2,8 juta. Buat “Snikers” harga itu tidak seberapa, sebab setelah lagu itu dipakai,  penjualan produk mereka langsung meroket, bahkan dalam kurun setahun mereka memperoleh keuntungan sebesar $ 4 juta!

28 Juni 1992: Jagger tampil live untuk pertama kalinya pada tahun itu  bernyanyi bersama Gary Moore & the Midnight Blues Band, di National Music Day Celebration of The Blues, di London's Hamme Rolling Stonesmith Odeon. Pops Staples, Buddy Guy, Otish Rush, Jimmy RogeRolling Stones, Jon Ron Wood dan Charlie Watts juga ikut berpartisipasi.

20 November 1993: Sebuah pengumuman diluncurkan bahwa Rolling Stones telah menandatangani persetujuan kontrak 3 album untuk 6 tahun dengan ‘Virgin Records’ yang dilaporkan berharga $20 juta.

25 September 1981: Rolling Stones memulai tour Amerika-nya yang ke 10 di JFK Stadium, Philadelphia di hadapan 90,000 penonton. Pertunjukan yang berakhir pada 19 Desember di Hampton Coliseum, Hampton Roads, VA, dihadiri oleh lebih dari 2 juta orang dan menghasilkan keuntungan di atas  $50 juta.

31 Desember 1971: The Rolling Stones dan ayah Jones menggugat Andrew Oldham dan Eric Easton di pengadilan karena kerugian royalti.

25 Agustus 1983: Jagger dan Keith Richards mencapai kesepakatan  dengan CBS untuk tanda tangan pada jam 3 pagi di Ritz Hotel, Paris Dila- porkan biaya kontrak tersebut sebesar $28 juta untuk 4 album the Stones. Dan penghasilan ini termasuk yang terbesar untuk jaman itu.

DILARANG BEREDAR

26 September 1968: Jones diputuskan bersalah karena menyimpan cannabis  didenda 500 Pounds.

5 Oktober 1968: Lagu ‘Street Fighting Man’ dilarang edar oleh banyak stasiun radio Amerika, karena liriknya dianggap tidak baik untuk didengar.

6 Desember 1975: Seorang pendeta di Tallahassee, menyatakan bahwa  rekaman Rolling Stones berdosa, setelah menyimpulkan survey dari 1000 ibu yang tidak menikah dan menemukan bahwa 984 dari mereka yang hamil karena pengaruh musik rock. Kebanyakan dari mereka menyukai lagu-lagu Rolling Stones dan Elton John.

19 November 1983 : Lagu ‘Undercover Of The Night’ dilarang edar oleh TV BBC1Top Of The Pops mencapai posisi 11 di Inggris sedangkan album-nya yaitu Undercover mencapai posisi 3 di Inggris.

10 Desember 1983: Album Undercover mencapai posisi 4 di Amerika.

Baca artikel lengkapnya di NewsMusik 02 / 2000. PESAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

+

Bursa

ChordMusik

 

 

Moslem fm 98,8

Bumbu Restaurant & Cafe

Majalah Nirmala

Headline Creative Communication

Baskin Robbins

NewsCafe

 

 

 

 

©2000 majalah NewsMusik.All Rights Reserved.
Created & Design by NewsMusik.net Development Team.
Comments, suggestions and critics please contact
webmaster newsmusik.net